Visi Pembangunan Pendidikan, Pemuda dan Olahraga

Kabupaten Sumbawa Barat 2017-2021:

“TERWUJUDNYA PENDIDIKAN YANG BERKARAKTER MENUJU MASYARAKAT SUMBAWA BARAT YANG BERAKHLAK DAN BERPRESTASI”

Untuk mencapai visi pembangunan pendidikan, pemuda dan olahraga Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2017-2021 dijabarkan lebih lanjut dalam misi sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kemudahan Akses Pelayanan PAUDNI
  • Meningkatkan  Kemudahan Akses dan Mutu Pendidikan Dasar
  • Meningkatkan Kemudahan Akses dan Mutu Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  • Meningkatkan Keselarasan Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi
  • Meningkatkan Keselarasan Pembinaan Pemuda dan Olahraga
  • Meningkatkan Kelancaran dan Ketertiban Pelayanan Internal

Tujuan dan Sasaran

Untuk merealisasikan visi dan misi Pembangunan Pendidikan Kabupaten Sumbawa Barat, perlu dirumuskan tujuan dan sasaran-sasaran strategis tahun 2017-2021 yang lebih jelas menggambarkan ukuran-ukuran terlaksannya misi dan tercapainya visi. Dengan demikian, tujuan dan sasaran strategis tersebut diharapkan dapat mendukung terwujudnya kondisi yang diharapkan pada akhir tahun 2020 seperti yang tertuang dalam RPJMD tahun 2016-2021.

  1. Meningkatkan kemudahan akses pelayanan PAUDNI, ditetapkan tujuan sebagai berikut : Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas Sarana dan Prasarana; di mana sasarannya meliputi (1) tersedianya sarana PAUD yang memadai, (2) tersedianya Prasarana PAUD yang memadai, (3) terpeliharanya Sarana dan Prasarana PAUD secara berkelanjutan. Meningkatnya Kualitas Mutu Peserta Didik PAUD; di mana sasarannya meliputi (1) terwujudnya proses belajar mengajar yang menyenangkan, (2) tersedianya data/informasi layanan peserta didik PAUD, (3) tersedianya kegiatan peningkatan mutu dan kreativitas peserta didik PAUD. Meningkatnya Kualitas Mutu Penilaian dan Kurikulum PAUD; di mana sasarannya meliputi (1) tersedianya pembinaan kurikulum secara berkelanjutan, (2) terbinanya lembaga PAUD, (3) terakreditasinya lembaga PAUD.
  2. Meningkatkan kemudahan akses dan mutu pendidikan dasar, ditetapkan tujuan sebagai berikut : Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas Sarana Prasarana Dikdas; di mana sasarannya meliputi (1) tersedianya sarana dan prasarana SD yang sesuai standar pelayanan minimal, (2) tersedianya sarana dan prasarana SMP yang sesuai standar pelayanan minimal, (3) terpeliharanya sarana prasarana Dikdas secara berkelanjutan. Meningkatnya Kualitas Mutu Peserta Didik Dikdas; di mana sasarannya meliputi (1) terwujudnya proses belajar mengajar yang nyaman, (2) tersedianya kegiatan peningkatan mutu peserta didik jenjang Dikdas, (3) tersedianya data/informasi peserta didik Dikdas. Meningkatnya Kualitas Mutu Penilaian dan Kurikulum Dikdas; di mana sasarannya meliputi (1) tersedianya pembinaan kurikulum secara berkelanjutan, (2) Terbinanya lembaga pendidikan secara menyeluruh.
  3. Meningkatkan kemudahan akses dan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan ditetapkan tujuan sebagai berikut : Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD; di mana sasarannya meliputi (1) tersedianya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional, (2) tersedianya bimbingan teknis pendidik dan kependidikan secara berkelanjutan, (3) tersedianya juknis KBM yang jelas bagi tenaga pendidik, (4) tersedianya data/informasi layanan yang valid. Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar; di mana sasarannya meliputi (1) tersedianya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas, (2) tersedianya bimbingan teknis pendidik dan kependidikan secara berkelanjutan, (3) tersedianya juknis KBM yang jelas bagi tenaga pendidik, (4) tersedianya data/informasi layanan yang valid.
  4. Meningkatkan keselarasan pembinaan kelembagaan pendidikan tinggi ditetapkan dengan tujuan sebagai berikut: Meningkatnya keefektivan pembinaan kelembagaan pendidikan tinggi di mana sasarannya meliputi; (1) terbinanya kelembagaan pendidikan tinggi secara berkesinambungan, (2) tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas.
  5. Meningkatkan keselarasan pembinaan pemuda dan olah raga ditetapkan dengan tujuan sebagai berikut: Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas Sarana Prasarana PORA; dimana sasarannya meliputi (1) tersedianya sarana dan prasarana PORA yang memadai, (2) terpeliharanya saran dan prasarana PORA secara berkelanjutan. Meningkatnya Kapasitas Pemuda; di mana sasarannya meliputi (1) terlatihnya pemuda Sumbawa Barat secara menyeluruh, (2) terbinanya lembaga kepemudaan secara berkesinambungan. Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas Prestasi Olahraga; di mana sasarannya meliputi (1) Tersedia dan terlatihnya olahragawan/wati daerah yang berkualitas, (2) Terbinanya lembaga olahraga daerah secara berkesinambungan.
  6. Meningkatkan kelancaran dan ketertiban pelayanan internal ditetapkan dengan tujuan sebagai berikut: Meningkatnya Kualitas dan Kuantitas laporan keuangan SKPD; di mana sasarannya meliputi (1) tersedianya laporan keuangan tepat waktu, (2) tersusunnya laporan keuangan yang berkualitas, (3) tersedianya sumber daya manusia aparat yang berkualitas. Meningkatnya Kualitas Program SKPD; di mana sasarannya meliputi (1) tersedianya program kegiatan yang berkualitas, (2) tersedianya program kegiatan yang terpadu, (3) tersedianya laporan capaian kinerja yang terpadu, (4) tersedianya data dan informasi perencanaan yang memadai. Meningkatnya Efektivitas Pelayanan Perkantoran; di mana sasarannya meliputi (1) tersedianya pelayanan administrasi secara menyeluruh, (2) tersedianya laporan kepegawaian tepat sasaran, (3) tersedianya sumber daya manusia apparat yang berkualitas.