Berita

Siapkan Manusia Bermental Ulet Cerdas

Keberadaan lembaga pendidikan anak usia dini atau PAUD di desa-desa tidak hanya berperan mendidik anak-anak usia pra sekolah, tetapi juga sebagai penanam fondasi manusia yang ulet, kreatif, dan disiplin. Oleh karena itu, pemerintah melakukan proyek percobaan PAUD Generasi Cerdas di 25 kabupaten.

Proyek tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigras. Adapun dananya bersal dari hibah pemerintah Australia sebesar 5,4 juta dollar Amerika Serikat yang disalurkan melalui Bank Dunia. Proyek ini diluncurkan di jakarta, selasa (26/4).

Permasalahannya, guru-guru PAUD belum sesuai dengan kriteria. Baru 30% guru PAUD berkulifikasi sarjana (S1) di pendidikan atau psikologi. Sebanyak 70 persen guru PAUDIndonesia hanya menempuh pendidikan SMA sederajat. Kalaupun memiliki ijazah S-1, bukan di bidang yang berhubungan dengan pendidikan.

Tindakan yang diambil adalah dengan melatih empat guru PAUD terbaik yang diajukan oleh setiap kabupaten. Setelah itu,setiap guru akan melatih guru-guru terbaik dikecamatan. Berikutnya, guru kecamatan akan melatih guru di desa-desa. Proses pelatihan diawasi dan dievaluasi secara berjenjang pula, mulai dari pusat hingga daerah.

Alamat Kami

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Kabupaten Sumbawa Barat

Kompleks Perkantoran Pemerintah Daerah KTC 
Jl. Bung Karno Taliwang Sumbawa Barat NTB, 84355

Sahabat Media Pendidikan

Pengunjung

Hari ini : 17

Kemarin : 23

Minggu ini : 95

Bulan ini : 368

Semuanya : 1747

Hak Cipta © Tim ICT Dinas Dikpora Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2017.