Berita

Membiasakan Mendongeng untuk Siswa PAUD

Ketika anak larut pada kemajuan teknologi, dan enggan berintraksi dengan orang tua hal ini agaknya menimbulkan banyak masalah. Salah satunya komunikasi yang berjalan tidak efektif dan kecenderungan negatif lainnya yang diakibatkan dengan tontonan di media internet.

Pendongeng Profesional Awam Prakoso menyikapi hal itu lebih mengajak orang tua lebih kreatif dalam menyikapinya. “Pertama untuk orang tua atau guru, ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu kecintaan kita pada anak, refrensi cerita dan kebiasaaan,”ujarnya saat ditemui di Jakarta,Rabu(10/5).

Kecintaan adalah hal yang perlu ditanamkan bagi orangtuadan guru untuk mendongeng harus tumbuh sebab bila terpaksa makna dan pesan dongeng tidak akan tersampaikan dengan baik. Selain itu refrensi cerita juga perlu digali, banyak cerita yang bisa didapat dari kemajuan internet saat ini.

Tips bagi anak yang terlanjur sudah terkontaminasi dengan teknologi atau gadget adalah dengan mendampingi anak menggunakan gadget tersebut. “Disitu bisa arahkahkan membuka situs cerita atau dongeng, dan kalau sudah masuk ke-cerita, dan kita bisa ceritakan dongeng,”katanya.

Soal refrensi tidak melulu harus cerita dongeng, pengalaman kita sebagai orang tua dan guru juga bisa kita ceritakan dengan penyampaian yang logis dandengan bahasa sederhana.

Setelah keduanya sudah mulai dilakukan, tinggal bagaimana pembiasaan dan seberapa sering kegiatan ini dilakukan. “Jangan capek, mendongeng adalah mendidik dengan cara yang baik, pesan dan informasi baru bagi anak juga sarat dalam dongeng,”katanya.

Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemmendikbud), Ella Yulaelawati mengatakan, mendongeng dengan bahasa ibu agaknya dapat memberikan pemahaman yang mendalam bagi anak.

“ini akan membentuk karakter anak karena melibatkan rasa, selera, petuah dan kearifan lokal. Selain Anak memahami makna mereka sejak dini juga akan terlatih dalam pemahaman kebudayaan dan keaksaraan,”ujarnya.

Kemendikbud pada kesempatan itu juga neuncurkan 50 buku berbahasa daerah untuk siswa PAUD. Ella mengatakan dengan buku seperti ini diharap akan menumbuhkan kreativitas guru.

Alamat Kami

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Kabupaten Sumbawa Barat

Kompleks Perkantoran Pemerintah Daerah KTC 
Jl. Bung Karno Taliwang Sumbawa Barat NTB, 84355

Sahabat Media Pendidikan

Pengunjung

Hari ini : 17

Kemarin : 23

Minggu ini : 95

Bulan ini : 368

Semuanya : 1747

Hak Cipta © Tim ICT Dinas Dikpora Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2017.