Berita

Program Baju Gratis, Dinas Dikbudpora KSB Konsultasi ke LKPP

Taliwang, SumbawaNews.com.- Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus melakukan persiapan jelang pelaksanaan program baju gratis bagi siswa TK hingga SMA yang rencananya akan dimulai pada tahun ajaran 2016/2017 mendatang dengan berkonsultasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) mengenai mekanisme pengadaan yang tepat untuk menjalankan program tersebut.

“Sekarang tim kita sedang berada di Jakarta untuk mengkonsultasikan hal ini,” jelas kepala Dinas Dikbudpora KSB Drs. Mukhlis kepada media ini.

Ia mengatakan, proses pengadaan pakaian seragam bagi siswa TK hingga SMA ini perlu dikonsultasikan ke LKPP. Mengingat untuk menjalankan program seragam gratis ini, jumlah anggaran yang dikeluarkan pemerintah cukup besar mencapai Rp 7 miliar. Dengan anggaran sebesar itu pemerintah memerlukan mekanisme pengadaan yang jelas dan sesuai aturan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Tim sudah ada membawa contoh mekanisme pengadaan yang akan kita terapkan. Tapi kita perlu minta pendapat LKPP apakah mekanisme itu bisa diterapkan atau tidak,” sebutnya.

Mukhlis berharap dari konsultasi tersebut, LKPP nantinya memberikan rekomendasi terhadap mekanisme pengadaan yang bisa digunakan nantinya.

Dan untuk lebih formal sehingga dapat dijadikan pola pengadaan tetap, tim akan meminta jawaban secara tertulis dari LKPP. “Program ini (baju gratis, red) kan bukan untuk tahun ini saja, tapi setiap tahun ajaran baru. Makanya kita perlu membuat aturannya yang paten supaya untuk tahun-tahun berikutnya, kita tinggal ikut regulasi yang ada,” timpalnya seraya berharap LKPP dapat memberikan rekomendasinya dengan segera.

Dijelaskan program ini diharapkan bisa running pas masuk tahun ajaran baru tahun ini. “Ya itu sekitar bulan Juli, makanya kita berharap jawaban LKPP segera kita terima,” sambung Mukhlis.

Sambil menunggu hasil konsultasi dari LKPP, Mukhlis mengaku sementara ini pihaknya tengah melakukan telaah perkiraan jumlah siswa baru yang akan masuk pada tahun ajaran baru tahun ini. Berdasarkan prediksi sementara jumlah siswa baru yang akan terserap di tingkatan sekolah mencapai 10.047 siswa. Dengan rincian TK/RA sebanyak 2.823 siswa, tingkat SD sebanyak 2.845 siswa, untuk SMP/MTS sebanyak 2.376 siswa dan untuk tingkat SMA/MA dan SMK sebanyak 2.003 siswa.

“Selain menyentuh seluruh tingkatan, program ini juga diperuntukkan bagi sekolah negeri maupun swasta. Makanya jumlah penerima program ini kita prediksi akan tembus di angka 10.000,” terang Mukhlis.

Untuk diketahui, program ini diharapkan dapat dilaksanakan sepenuhnya di daerah. Memanfaatkan pengusaha konveksi lokal dan penjahit-penjahit pengusaha kecil, belasan ribu pakaian seragam untuk anak-anak sekolah ini diharapkan akan diproduksi sepenuhnya di daerah.
Mukhlis menyebutkan, pihaknya juga tengah mendata jumlah pengusaha jahit di daerah untuk kebutuhan program itu. “Kalau memang memungkinkan, kita akan maksimalkan pengusaha lokal. Supaya program ini memberikan banyak dampak bagi masyarakat,” Tutupnya.(hendra)

sumber: sumbawanews.com

Alamat Kami

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Kabupaten Sumbawa Barat

Kompleks Perkantoran Pemerintah Daerah KTC 
Jl. Bung Karno Taliwang Sumbawa Barat NTB, 84355

Sahabat Media Pendidikan

Pengunjung

Hari ini : 17

Kemarin : 23

Minggu ini : 95

Bulan ini : 368

Semuanya : 1747

Hak Cipta © Tim ICT Dinas Dikpora Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2017.