Narasumber Keg. Diklat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia melaksanakan Diklat Fungsional Pengutaan Kepala Sekolah bekerjasama PPPPTK PKn & IPS dan Universitas Muhammadiyah Mataram selaku Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) di Hotel Grand Madani selama 8 (delapan) hari dari tanggal 8 s.d 15 Oktober 2019 Tahap III yang bersumber dari Anggaran Banpem APBN tahun 2019.

Bagi Dinas Dikpora Kabupaten Sumbawa Barat bahwa kegiatan ini adalah penuntasan dari Kegiatan Penguatan Kepala Sekolah yang dilaksanakan melalui Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah (APBD)tahun 2018, hal ini sebagai resepon atas diberlakukannya Permendikbud Nomor 6 Tahun 2008 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.

Paparan Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pengutan Kepala Sekolah

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi dalam rangka meningkatkan kepemimpinannya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kegiatan ini diikuti oleh 37 peserta diantaranya 18 peserta dari kab. Sumbawa Barat dan 19 Peserta dari Kab. Sumbawa dan dibuka lansung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram serta dihadiri oleh Kepala Dinas Dikpora Kab. Sumbawa Barat Drs. H. Mukhlis, M.Si Selaku Narasumber pada kegiatan tersebut.

Selama 8 hari seluruh peserta diklat akan mendapatkan materi-materi yang berkaitan dengan manajerial sekolah, diantaranya kebijakan kementrian, kebijakan pemerintah daerah, teknis analisis manajemen, pengembangan RKS dan pelaporan, pengelolaan keuangan, pengelolaan kurikulum, pengelolaan PTK, pengelolaan peserta didik, supervisi dan PK guru, supervisi dan PK Tendik, Rencana PKB, Kepemimpinan perubahan, pengembangan kewirausahaan, serta pengembangan sekolah berdasakan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). kegiatan yang diawali dengan pretes dan diakhiri dengan post tes akan mengukur tingkat keberhasilan diklat untuk memperoleh NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah) atau STTPP (Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan).//red.by_chen

Berita Selanjutnya