Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November 2018, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menggelar Lomba Cedas Cermat jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten di Aula Dikpora KSB, Selasa (26/11).

Agenda yang akan berlangsung selama 4 hari ini resmi dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan Dikdas Dikpora KSB, Agus, S.Pd., yang dihadiri langsung oleh Kepala UPTD Sekongkang dan seluruh pendamping siswa-siswi SD dan SMP se-Kabupaten Sumbawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Agus dalam sambutan singkatnya mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional dan berharap melalui momentum ini mampu menjadikan semua guru untuk terus bergerak, berubah, berbenah untuk meningkatkan profesionalisme menuju pendidikan yang lebih baik.

“menjadi guru saat ini tidaklah mudah karena beban dan tanggung jawab sangat berat, dinamika yang dihadapi pada profesi guru begitu cepat sehingga jika seorang guru tidak terus melakukan update ilmunya maka kemungkinan besar akan ketinggalan dalam bidang ilmu pengetahuan.” Ungkap Agus.

Pada dasarnya, lanjut Agus, kualitas Sumber Daya Manusia yang ada di Sumbawa Barat ditentukan oleh guru yang profesinal dan bagaimana kepuasan konsumen yaitu siswanya.

Lomba cerdas cermat yang diadakan pada tahun 2018 ini diikuti oleh 16 SD dan 24 SMP, khusus untuk tingkat SD merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan yang sebelumnya telah di seleksi melalui lomba cerdas cermat tingkat kecamatan, sementara tingkat SMP diikuti oleh seluruh SMP se-Kabupaten Sumbawa Barat.

Dalam pelaksanaanya panitia penyelenggara pada tingkat SMP membagi ke dalam 6 sesi dimana setiap hari diadakan dua sesi, satu sesi akan bertanding 4 sekolah sehingga setiap hari ada 8 sekolah yang akan bertanding, satu pemenang disetiap sesi akan lolos ke babak semifinal.

Berita Selanjutnya